Tips Mengetahui dan Menghindari Penjual Palsu / Penipu Toko Online Internet di Forum Jual Beli

Rabu, 20 Juni 2012

Cara mengetahui penjual / seller online internet tidak jujur dan jujur pada saat ingin bertransaksi online di situs jual beli gratsi seperti toko bagus, kaskus, dll. Cara menghindari penipuan online.
Untuk berjual beli aman seperti di FJB kebanyakan forum jual beli di indonesia saya memang tetap menyarankan untuk menggunakan rekening bersama, untuk sistem kerja rekber semua hampir sama yaitu pembeli transfer ke rekening jasa rekber, penjual mengirim barang dan kemudian setelah sampai pembeli melaporkan sesuai kondisi jika sudah OK maka uang akan ditransfer ke rekening penjual. Mungkin memang agak ribet tapi demi kemanan lebih menyarankan.
Nah barang tentu ada saatnya kita berjual beli tapi kita malas untuk menggunakan fasilitas rekening bersama tersebut, karena ada beberapa alasan, harga barang yang tidak seberapa, atau karena malas berurusan dengan jasa rekber. Saya akan sedikit tips yang akan membuat anda setidaknya tidak akan tertipu barang tidak dikirim, tapi untuk kondisi barang kita masih belum tau tentunya. Untuk melakukan nya anda harus melakukan sebuah skenario. Misalnya anda ingin membeli barang namanya "A". Maka yang bisa anda lakukan untuk mengetahui dia penjual jujur atau tidak bisa anda coba cara di bawah ini :
1. Langkah awal untuk mengetahui penipu online adalah dengan menawar tapi sangat di bawah harga pasaran, jika dia membolehkan maka bisa jadi pertanyaan. ada apa ini? kemungkinannya dia memang buth atau dia memang penipu.
2. Setelah deal barang coba ajaklah dia untuk COD atau ketemuan dengan si penjual, pura-puralah anda tinggal dalam satu kota tersebut. jika diajak COD dia tidak mau atau alasan kerja sampai malam dll. maka tetaplah paksa untuk bisa ketemuan. Jika mau berarti ada etiket baik dari penjual jujur. Tapi jika tidak mau sebaiknya anda urungkan pembelian walaupun aslinya memang anda bertempat di kota yang jauh dan tidak terjangkau.
3. Cara ini sudah saya coba berkali-kali dan alhamdulilah lumayan bisa mengurangi dan saya belum pernah tertipu juga sih alhamdulillah dan semoga jangan.
4. Trik ini bisa anda uji untuk berjualan di mana saja dan anda akan merasakan sendiri perbedaan antara penipu di internet yang jujur dan tidak baik. Sedikit tips saja.

Jika ada yang tidak cocok dan berkenan tentu saya mohon maaf karena ini hanyalah sekedar tips saja yang bisa anda coba, karena tentu jual beli dengan bertemu dan tau sama tau itu lebih utama dan afdhol untuk berjual beli. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat tips dari saya ini, saya ungkapkan disini karena saya belajar dari pengalaman sendiri.