Ciri-ciri Karang Gigi Yang Menyebabkan Gigi Goyang, Bagaimana Proses dan Penyebabnya?

Kamis, 21 Juni 2012

Tanda dan ciri-ciri karang gigi, Cara mengatasi, mencegah gigi goyang dan juga penyebab gigi goyang.
Tidak semua orang tau kenapa gigi bisa goyang, sebenarnya sangatlah simple gigi goyang terjadi karena rusaknya jaringan penyangga gigi. Goyang yang dimaksutkan disini adalah goyang di seluruh bagian gigi. Bukan goyang karena jatuh, kecelakaan, benturan dll. Pada kasus fraktur karena kecelakaan goyang bisa saja terjadi dan resiko terburuk adalah gigi bisa saja menjadi mati atau ganagren. Tanda gigi mati adalah mahkota gigi berubah warna menjadi kebiruan dan kelamaan akan menjadi rapuh.
Untuk penyebab gigi goyang bukan karena fraktur atau kecelakaan kebanyakan disebabkan oleh karena karang gigi yang sudah parah dan tidak pernah dibersihkan. Efek buruk dari karang gigi adalah rusaknya jaringan elveolrar yaitu rusaknya jaringan penyangga gigi. Jika anda ingin menjadikan gigi anda tidak goyang maka yang harus anda lakukan adalah merawat gigi teratur dan melakukan pembersihan karang gigi setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Kenapa karena proses terbentuknya karang gigi sekitar 6 bulanan. Jangan diam saja jika di mulut dan gigi anda sudah terlihat karang giginya.
tanda-tanda dari karang gigi adalah
1. Endapan keras menempel pada gigi.
2. Berwarna kekuningan.
3. Tidak bisa dibersihkan dengan menyikat gigi saja.
4. Biasanya terdapat di batas gusi dan gigi.
5. Paling sering dan banyak terdapat di belakang gigi depan rahang bawah, dekat lidah dan juga gigi belakang bagian dekat lidah.
penyebab gigi goyang, cara scalling

Nah sekarang anda sudah tau bukan bahwa karang gigi merupakan salah satu faktor penyebab utama dari gigi goyang baik pada remaja maupun orang tua. Langkah pencegahan harus anda lakukan sebelum semua menjadi semakin parah. kenapa karena perawatan untuk gigi goyang juga tidaklah murah jadi mencegah sebelum mengobati menjadi hal utama yang harus kita pegang.