Pengertian RAM Module Dual Chanel, Triple Chanel, dan Quad Chanel

Kamis, 21 Juni 2012

Pengertian, perbedaan, kelebihan dan kekurangan beberapa model RAM Module Dual Chanel, Triple Chanel, dan Quad Chanel
Pengertian single dan dual chanel bisa diibaratkan seperti kita memiliki botol dengan lubang di atasnya. Misal kita memliki RAM 1024 MB pada single chanel maka akan ada (1 x 1024) atau satu lubang botol. sedangkan untuk dual chanel adalah dengan (2 x 512 MB) dengan 2 buah lubang botol kalau dicontohkan. maka jika dengan lubang tadi diberikan selang dengan debit yang sama tentu yang dua lubang akan lebih cepat.
Kesimpulannya, dengan kapasitas RAM yang sama namun konfigurasi kepingan yang berbeda, akan lebih cepat jalur transfer pada prinsip dual chanel atau bahkan quad chanel. maka transfer data akan lebih cepat. Jika dihubungkan dengan seni overclock maka RAM dengan chanel yang banyak akan memberikan kecepatan yang bagus dan tentunya hasil overclock akan menjadi maksimal.
Ketika anda membeli sebuah PC maka anda juga harus mempertimbangkan dari kemampuan ram dan berapa jumlah chanel selain kualitas dari prosesornya sendiri, hal ini terjadi karena prosesor tidak akan bekerja sendiri dan tentu kualitas sebuah kecepatan dan ketepatan penggunaan PC akan tergantung pada jumlah chanel RAM juga. Semoga bermanfaat.