Tanda-Tanda dan Gejala Bayi Terlilit Tali pusat ! Hati-Hati

Kamis, 07 Juni 2012

Tanda, gejala dan penyebab bayi yang terlilit tali pusat, cara mencegah bayi terlilit tali pusat
Pada usai kehamilan 8 bulan biasanya kepala janin memasuki bagian atas panggul. pada saat itu ukuran bayi masih sangat kecil dan jumlah air ketuban yang banyak memungkinkan bayi terlilit tali pusat. Pada kehamilan kembar kemungkinan terlilitn tali pusar juga menjadi semakin besar. Itulah yang menjadi penyebab kenapa bayi sering terjadi kejadian terlilit tali pusat.
Gejala dan tanda Bayi terlilit tali pusat adalah :
1. Pada bayi usia kehamilan 34 minggu tetapi bagian terendah janin kepala atau bokong belum memasuki bagian riongga atas panggul.
2. Pada bayi letak sungsang atau lintang yang menetap meskipun telah dilakukan usaha memutar janin perlu dicurigai juga adanya lilitan tali pusat
3. Ada penurunan detak jantung janin di bawah normal, terutama pada saat konstraksi rahim.
tanda gejala lilitan tali pusat bayi
Yang menyebabkan gayi meninggal karena tali pusat adalah puntiran tali pusat secara berulang-ulang ke satu arah. Biasanya terjadi pada trimester pertama dan kedua. Ini membuat arus darah dari ibu ke janin menjadi terhenti total. Karena pada usia itu umumnya bayi sering bergerak dengan bebas.
Berikut adalah beberapa gejala dan tanda-tanda bayi dengan lilitan tali pusat yang tidak normal. Untuk mencegahnya anda dan ibu hamil harus sering memeriksakan USG setidaknya 2 bulan sekali saat kehamilan putra dan putri anda.