Listrik Sering Anjlok Bikin Power Suplay Meledak.

Jumat, 15 Juni 2012

Share pengalaman salah satu penyebab PSU jebol meledak karena listrik sering anjlok. dan cara menganti sendiri PSU rusak.
Beberapa waktu yang lalu ada masalah dengan komputer di rumah, yaitu PSU sudah tidak mau nyala lagi baik kipas maupun CPU nya sendiri, usut diusut ternyata apa kah gerangan!, hmmmm bau gosong tapi bukan sate yang jelas gan. Yang gosong adalah power suplay komputer kesayangan ane.. haduh sempat takut juga PSU yang meledak ini akan merusak komponen lain seperti hardisk, Ram, Prosesor dan juga perangkat lain di MOBO, tapi setelah dicek semua selamat dan yang rusak adalah PSU nya saja. Kejadiannya saat itu sangat singkat dan sangat menyedihkan :D. Waktu itu listrik dirumah hanya menggunakan daya 900 Watt. dibuat nyetrika komputer, mesih cuci dll. akhirnya anjlok. karena sudah beberapa kali ke meteran PCB tidak mau dihidupin akhirnya saya pencet ke kiri dan ke kanan, dan apa jadinya dari kamar ane terdengar suara Duuuaarrrrr.. HEmm langsung berlari dan terlihat sedikit asap mengepul. Lebay banget he6x. Apes banget hari itu
Tapi jangan khawatir bagi anda yang mungkin juga mengalaminya, langkah pertama adalah buang saja PSU lama yang habis mleduk atau kasih ke tukang loak. Lumayan gan bisa laku 20 ribuan buat tambah beli yang baru. Untuk harga PSU yang biasa adalah kisaran 100 ribuan yang paling murah, tapi kalau pengen yang bagus yah beli aja yang agak bermerk di kisaran 300 ribuan. Tapi semua terserah budget anda deh. Intinya mengganti sendiri PSU itu sangat lah mudah. Yang perlu amda perhatikan saat membeli PSU adalah jumlah pin biasanya 20 atau 24, untuk model yang saat ini adalah 24 pin, tinggal hitung saja jumlah lubang di tancapan panjang yang nancep di mobo. Semoga bermanfaat share pengalaman ini.