Pengertian Jaringan Parut, Keloid Pada Fase Penyembuhan Luka

Minggu, 03 Juni 2012

Pengertian jaringan parut, penyebab jaringan keloid pada perjalanan fase penyembuhan luka.
Fase-fase dalam penyembuhan luka adalah
a. Fase inflamasi

Terjadi aktivasi kaskade proses koagulasi. Terbentuk klot fibrin di mana banyak trombosit terperangkap di dalamnya. Trombosit kemudian mengeluarkan platelet derived growth factor (PDGF) yang menarik neutrofil. Neutrofil kemudian mencerna bakteri dan mengaktivasi fibroblas (menghasilkan kolagen) dan keratinosit (sel pada kulit yang akan berproliferasi membentuk epitel baru). Limfosit dan monosit juga akan datang ke tempat luka dan berperan dalam fase proliferasi.

b. Fase proliferasi
Terdapat proses reparasi aktif dan jaringan yang rusak. Terbentuk berbagai sitokin yang mengontrol pembentukan kolagen dan pembuluh darah baru, luka mulai berkontraksi dan tertutup oleh jaringan regeneratif sehingga mulai tampak lapisan permukaan kulit (epitelisasi). Akhirnya, aktivitas fibroblas dan proliferasi vaskular berkurang hingga fase proliferatif selesai.

c. Fase maturasi
Perubahan jaringan parut yang semakin memudar dan mendatar. Fase tersebut biasanya berlangsung antara 12-18 bulan.

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan tentang beberapa istilah dalam fase penyembuhan luka maka ketahui pengertian berikut ini.
Tipe-tipe jaringan parut antara lain :
1. Keloid
Merupakan lesi yang menimbul, terjadi akibat produksi berlebihan dari kolagen. Keloid dapat meluas meewati batas luka yang sebenarnya dan menginvasi kulit di sekitarnya

2. Jaringan parut hipertrofik
Lesi yang menimbul, akibat produksi berlebihan kolagen pada luka yang menyembuh, berwarna merah, menimbul, nodular dan kadang-kadang terasa gatal atau nyeri.

3. Jaringan parut atrofik
indentasi pada kulit di sekitarnya. Contohnya jaringan parut akibat jerawat.

4. Widened (stretched)
Terjadi karena peregangan akibat tegangan kulit (yang dapat disebabkan oleh pergerakan) selama proses penyembuhan Berwarna pucat, datar, lunak, dan tidak bergejala, namun secara estetik dapat mengganggu. Striae jaringan ikat pada ibu hamil merupakan salah satu contohnya.

5. Kontraktur
fase penyembuhan luka dan jenis jaringan parut

Berikut adalah sedikit ulasan tentang fase dari perjalanan penyembuhan luka pada manusia dan semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan artikel tentang jenis / tipe jaringan parut dalam fase penyembuhan luka.