Apa Yang Bisa Dilakukan Ibu Jika Gigi Anak Gigis / Rampan / Rusak

Sabtu, 16 Juni 2012

Penyebab gigis / rusak dan Perawatan rampan / gigis pada gigi anak yang bisa dilakukan ibu di rumah.
Sebenarnya gigi rampan bisa dicegah sejak dini dengan cara peran ibu dioptimalkan agar gigi anak tidak terlalu lama menempel gula dari susu. dan kebiasaan lain yaitu dengan tidak membiasakan anak ngedot sambil tidur saat malam hari. Kecenderungan anak giginya rusak karea sering ngedot pada waktu malam hari. Untuk ibu bisa melakukan pembersihan dengan lap bersih pada saat anak tidur. Tapi disini apa yang bisa ibu lakukan ketika anak sudah terlanjur memiliki gigi rusak yang biasanya ada di depan maupun di belakang.
Cara yang bisa ibu lakukan adalah :
  • Tetap mengajarkan anak untuk menyikat gigi jika anak sudah bisa mandi sendiri dan melakukan mandiri.
  • Bimbing anak dalam menyikat gigi dengan mendampinginya.
  • Biasakan untuk menyikat gigi sebelum tidur agar gigi anak tidak cepat rusak.
  • Sediakan obat penghilag rasa sakit seperti Parasetamol syrup untuk jaga-jaga jika anak sakit saat malam hari.
  • Gigi rusak dan rampan sangat beresiko terhadap bengkak dan abcess, untuk mencegahnya anda bisa menyumpal kapas bersih pada gigi lubang agar tidak tertutup sisa makanan yang nantinya akan menyebabkan infeksi dan bengkak.
  • Periksakan ke dokter gigi untuk perawatan dan pemeriksaan rutin barang kali masih bisa di tambal.

penyebab gigi anak rusak, rampan dan cara perawatan sendiri

Nahh bagi ibu-ibu yang mungkin belum tau tentang cara merawat gigi anak yang sudah terlanjur rusak mungkin bisa mencoba beberapa tips dia atas. Kenapa gigi anak juga penting walaupun toh nantinya juga ganti, alasannya adalah karena gigi anak memiliki peran penting dalam tumbuhnya atau jalan tumbuhnya gigi selanjutnya. Jadi jangan berpikir bahwa gigi anak yang sudah rusak bisa dicabut, jawabannya adalah sebisa mungkin gigi anak dipertahankan sampai gigi penggantinya tumbuh. Dokter sangat tidak menyarankan untuk mencabut gigi anak sebelum waktunya kecuali dengan beberapa pertimbangan seperti sering bengkak, abces tidak bisa diobati maka itu menjadi hal lain. Semoga bermanfaat ulasan mengenai pentingnya merawat gigi anak. Mencegah dan mengobati gigi anak sangatlah lebih sulit karena dalam perawatan gigi anak cenderung memliki rasa takut dan tingkat kooperatif yang rendah pada saat perawatan di dokter gigi. Jadi ibu-ibu di rumah harus pandai dalam merawat gigi anak agar tidak rusak.