Mengganti Sendiri Catridge Rusak Canon Yang Sudah Diinfus Tanpa Ke Tukang Servis

Kamis, 03 Mei 2012

Mengganti sendiri catridge rusak yang sudah diinfus untuk printe canon.
Nah ini saya mau sedikit share tentang sebuah kegalauan, hedehh.. :D pengalaman yang agak menyesakkan waktu kemarin mau ngeprint eh keluar kode E5 di printer canon MP145 kesayangan saya. (karena punyanya cuma itu) he6x. Di utek2 memang catridge hitam sudah saatnya diganti dengan catridge yang baru, nah berikutnya saya belilah catridge canon bari kalau ga salah no 821 apa ya. pokoknya versi catridge hitamnya canon lah. Setelah saya lepas ternyata catridge lama canon saya masih dalam posisi tersambung dengan selang catridge yang lama. akhirnya saya lepas dan sekarang tinggal selangnya saja terpasang dengan tintadi selang sudah kosong karena kembali ke tangkinya.
Selanjutnya karena sudah malam saya mencoba cara baru agar catridge baru saya tadi bisa saya gunakan dan tersambung selang tinta catridge yang lama;
1. Saya lubangi catridge baru dengan tespen yang sudah lancip atau pisau tajam ujungnya. Puter aja sampai bolong tapi jangan terlalu besar.
2. Saya ambil pipa kecil 90 derajad yang sebelumnya tertancap di catridge yang lama.
3. Saya masukkan ke catridge hitam canon yang baru.. dan apa yang terjadi " logro alias kegedean" :D
4. Saya mencoba ambil karet penyempit lubang di catridge yang lama tapi malah sobek.
5. Setelah saya pikir2 ala mc giver akhirnya saya temukan cara unik ini. Saya balut pipa 90 deajad tadi dengan karet gelang pada posisi yang akan dimasukkan kedalam catridge baru tadi. dan hasilnya rapat dan mantap.
6. Saya sambung selang lama dengan disedot dahulu tinta dengan mulut agar posisi tinta dekat dengan lubang keluar, tidak perlu luber.
7. Sambungkan ke pipa 90 derajad tadi dan akan terlihat udara kosong terjebak dalam selang, cara mengatasinya anda tinggal turunkan posisi catridge hitam tadi di bawah tangki tinta, jangan lupa bagian bawah catridge anda beri tisu, sehingga sementara merembes ke tisu tinta akan mengaliri udara kosong tadi hingga penuh.
memperbaiki sendiri catridge canon infus e5 rusak

Nah begitulah trik saya dalam memperbaiki catridge epson saya yang rusak dan diganti beru dengan dikerjakan sendiri tanpa bantuan tukang servis. INgat jangan gegabah dan kerjakan dengan perasaan. Yang saya coba disini hanyalah pengalaman jadi jika anda coba sendiri bisa jadi akan berhasil tapi juga bisa gagal total. Pesan saya resiko akan anda tanggung sendiri. (jangan ajak2 saya yaaa) :D