Memperbaiki Komputer Hang Setelah Dinyalakan Beberapa Saat

Rabu, 30 Mei 2012

Cara memperbaiki / mengatasi komputer hang, freeze setelah beberapa menit dinyalakan, apa penyebab kerusakannya?
Kerap terjadi kasus dimana komputer menyala beberapa saat dan kemudian diam dan cursor mouse anda tidak mau bergerak lagi, itu disebut dang atau freeze, Sebenarnya kemungkinan terjadinya masalah hang itu sangat lah banyak. Tapi dari kemungkinan tersebut kemungkinan terbesar terjadinya hang beberapa saat setelah dinyalakan adalah karena panas pada processor yang berlebihan, bisa saja kadang lancar tapi ketika melewati batas panas komputer anda akan hang dan anda harus restart paksa tentunya. Hal itu tentu akan membahayakan hardisk anda karena kejutan listrik yang membuat perputaran hardisk menjadi tidak normal seketika.
Sebelum anda melangkah jauh anda bisa gunakan aplikasi PC health misalnya untuk mengetahui kecepatan dari kipas processor, atau anda bisa melihatnya langsung dengan membuka cover dari cpu. Lihatlah dari pergerakan kipasnya jika memang sudah londot belikan baru saja dan jangan lupa beli pastanya juga karena saat anda lepas anda butuh pasta processor juga untuk mendinginkannya. Dan anda harus mengganti pasta lama jika memang sudah tidak bagus lagi.
memperbaiki komputer hang setelah beberapa saat nyala

Hal ini hanyalah salah satu kemungkinan dan tidak ada salahnya dicoba, jika anda punya teman bisa pinjam dahulu ke teman anda, untuk cara melihat suhuprocessoar juga bisa dilihat ketika anda masuk Cmos, di beberapa merk menyediakan PC helath yang menyediakan suhu processor dan juga kecepatan fan heat sink. Kipas yang kotor dan berbunyi juga bisa menjadi tanda bahwa itulah yang menyebabkan hang pada komputer setelah beberapa saat hidup. Semoga bermanfaat