Mengenal 3 Jenis Media Penyimpan Paling Awet dan Tahan Lama Selain DVD

Sabtu, 22 September 2012

Media peyimpanan apa yang paling tahan lama hingga ratusan dan ribuan tahun, dan apa sih pengertian dari m-disc, glass matter disc dan memory vault.
Banyak moment yang ingin anda abadikan menjadi sebuah album gambar di dalam hardisk atau anda bisa memanfaatkan DVD sebagai media penyimpan beberapa album anda. Kira-kira berapa usia DVD tersebut dapat tahan dan dapat dibaca, pertanyaan inilah yang biasa muncul kira-kira media penyimpan apa yang bisa dimanfaatkan dengan abadi selama bertahun-tahun. Karena usia DVD sendiri sangatlah tidak menentu apalagi kualitas DVD kosong yang dijual dipasaran memang dengan kualitas rendah dengan harga murah. Berikut ini kami berikan beberapa media penyimpanan yang tahan lama, apa saja itu :
media penyimpanan pun bisa dilakukan di dalam modem saat ini dengan mmc

1. M-Disc
Mdisc baanyak juga menyebutnya dengan si keping batu dan usia nya bisa mencapai 1000 tahun, haduh bisa lama sekali ya, kira-kira jaman itu apa masih dipakai tuh keping cd, he6X.  Jangan khawatir karenajika anda menggunakan  media penyimpanan ini anda bisa menggunakan DVD writer milik LG, Harga M disch di amazon dijual dengan harga $33.
2. Glass master disc
Nah apa alagi ini , kira-kira prosesnya data akan dituis di bahan khusus, dan disc ini mampu bertahan hingga 1000 tahun di bumi maupun di luar angkasa.  sayangnya media ini anda tidak bisa melakukan bakar sendiri anda harus pesan ke pihak syylex, butuh waktu sekitar 10 hari untuk pengerjaan ini.
3. Memory fault
Merupakan produk dari sandisk yang disebutkan mampu bertahan hingga 100 tahun.  dan dari perhitungan matematis mampu bertahan hingga 1300 tahun. Penyimpanan ini berbentuk seperti flasdisk namun  setelah dipakai berulang maka memory vault akan beralih ke mode read only sehingga secara otomatis akan menyimpan dan melindungi data tersebut.
Nah berikut adalah 3 media penyimpanan yang mampu bertahan hingga ribuan tahun, namun kedepannya kita tidak tau mungkin akan ditemukn lagi generasi baru penyimpanan data yang abadi dan tahn lamu ratusan maupun ribuan tahun.