Mengatasi Darah Tidak Berhenti Mengalir Setelah Pencabutan Gigi

Rabu, 05 September 2012

Tips / cara mengatasi pendarahan setelah pencabutan yang tidak berhenti, atau terus mengalir. Jangan anggap enteng.
Sebuah cerita dari seorang pasien yang mungkin tidak tau atau mungkin tidak mendengarkan anjuran dokter gigi setelah dia mencabut giginya, sehingga darah tidak lekas berhenti dan keluar cukup banyak. Biasanya setelah dokter melakukan pencabutan jika dokter gigi tidak lupa maka akan memberikan beberapa saran berupa;
  1. Gigit kapas / kasa selama satu jam sampai darah benar-benar berhenti.
  2. jangan Kumur-kumur air.
  3. Bekas luka jangan anda pegang dengan tangan atau benda apapun untuk menghindari infeksi.
  4. Usahakan untuk tidak merokok dulu setelah pencabutan
  5. Hindari minum panas, dan beberapa dianjurkan minum es untuk membantu darah berhenti
pendarahan setelah pencabutan gigi anak maupun dewasa.


Nah dari pasien ada yang tidak tahu atau malah tidak mendengarkan anjuran dokter di atas setelah pencabutan, jadi di rumah dia melakukan kesalahan melaksanakan pantangan yang sebenarnya sudha dianjurkan diatas. jadi bagi anda yang baru saja mencabut giginya sebaiknya pahamai anjuran dokter gigi diatas. Namun ada beberapa orang yang terlanjur mungkin kumur-kumur sehingga darah tidak berhenti maka cara yang bisa anda lakukan adalah :
  • Gigit kassa atau kapas untuk menghentikan perdarahan.
  • Anda bisa bantu dengan minum es dengan catatan jangan digunakan untuk kumur2.
  • Jangan anggap enteng segera kembali ke dokter gigi yang memeriksa atau jika sudah tutup sangat dianjurkan untuk langsung ke IGD rumah sakit, bisa jadi anda mengalami gangguan dengan darah tidak bisa cepat mengering/ berhenti.

Memang ada beberapa orang ketika luka darahnya tidak cepat berhenti, sebaiknya anda sampaikan kepada dokter gigi sebelum pencabutan jika anda mengalami masalah gangguan seperti di atas, sehingga akibat dari pencabutan bisa dihindari atau dikurangi. Untuk pnecegahan pendarahan pada orang yang mengalami gangguan darah biasanya diberikan suntikan VIT K. Sedikit pembahasan tentang bagaiamana mengatasi pendarahan setelah pencabutan yang tidak berhenti.