Apa sih Tambalan Gigi Fissure Sealant, dan Apa Kegunaannya?

Sabtu, 29 September 2012

Pengertian fissure sealant dan fungsinya sebagai upaya dan cara mencegah gigi anak berlubang dengan penambalan sealant di permukaan pit gigi,
Pengertian fissure sealant sendiri adalah salah satu cara pencegahan gigi berlubang dengan memberikan lapisan sealant pada pit dan fissure (parit di permukaan kunyah gigi) sehingga tidak menjadi tempat melekatnya makanan dan bakteri sisa makanan.
proses gigi berlubang dan pencegahan dengan fissure sealant

Dari bahasanya sendiri ada lapisan selant, sealant yang digunakan adalah berasal dari bahan glass ionomer yang banyak mengandung fluor yang dapat menguatkan gigi danmencegah terjadinya gigi berlubang. Cara ini memang sebaiknya dilakukan pada gigi permanen, sekitar anak kelas 1, walaupun tidak menutup kemungkinan dilakukan pada gigi anak yang masih kecil (gigi susu).
Nah bagi anda yang gigi anaknya masih bagus namun ada tanda hitam bergaris di permukaan kunyah gigi, bisa jadi anda bisa konsulkan ke dokter gigi anda untuk dilakukan aplikasi fissure sealant. Aplikasi fissure sealant lebih sering dilakukan pada permukaan gigi belakang. Tepatnya di daerah kunyah. Cara ini memang sangat manjur mencegah perkembangan karies gigi lebih dalam dan lebih cepat. Nah kenapa tidak anda mulai dari sekarang mencegah gigi berlubang.