Tips Cara Memilih Sikat Gigi Yang Baik dan Benar

Selasa, 24 April 2012

Bagaiamana tips memilih sikat gigi yang benar baik untuk anak-anak maupun dewasa?
Ada beberapa pertimbangan sebelum anda memilih untuk membeli sikat gigi, kalau dari merk memang mereka semua bilang no : 1 lah, ada yang banyak digunakan dokter gigi lah,, Tapi sebenarnya inilah pertimbangan yang wajib anda ketahui apalagi sikat gigi untuk anak, anda harus pandai untuk memilihkannya agar dia mau menykat giginya dengan rajin :
1. Sebaiknya pilih sikat gigi dengan kepala cukup kecil, hingga dapat menjelajah hingga gigi bagian belakang. Panjang ideal sikat ggi dewasa adalah 2,5 cm dan panjang sikat gigi untuk anak adalah 1,5 cm.
2. Perhatikan juga panjang bulu sikat gigi. Pilihlah yang panjang bulunya sama dan rata. Permukaan yang tidak rata justru tidak akan membersihkan gigi dengan optimal.
3. Pilih bulu sikat gigi dengan tekstur yang jangan terlalu keras, agar tidak melukai gusi anda. Sebelum membeli anda bisa mencobanya di telapak tangan, jika terasa keras dan agak sakit jangan dibeli.
4. Jangan gunakan bulu sikat yang terlalu halus juga karena pembersihan juga tidak akan optimal.
5. Pilihlah sikat gigi dengan gagang agak besar dan pas di tangan agar genggaman enak sehingga penekanan pada lokasi tertentu akan lebih optimal.
tips cara memilih sikat gigi yang baik dan tepat


Berapa lama waktu normal menyikat gigi ?
waktu menyikat gigi normalnya antara 3 s.d 5 menit, gunakan tehnik menyikat gigi yang benar.

Kapan anda harus mengganti sikat gigi ?
Sikat gigi secara rutin memang harus diganti, setidaknya maksimal 2 bulan sudah diganti, walaupun bulu sikat masih bagus kadang di bulu sikatnya sudah banyak terkandung kuman, usahakan memilih sikat gigi dengan penutup.