Sakit dan Sariawan Ketika Pertama Kali Menggunakan Gigi Palsu / Tiruan, Kenapa?

Rabu, 01 Agustus 2012

Penyebab sariawan dan sakit, berdarah pada saat pemakaian awal gigi palsu tiruan, baik acrilic maupun valplast. penyebab gigi tiruan kurang cekat / pas?
Banyak yang mengeluh setelah beberapa hari menggunakan gigi tiruan lepasan merasakan sakit berdarah dan juga kadang ada yang mengeluh karena terkena sariawan. Jika kita menilik penyebabnya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yang awal adalah sudah pas atau belum posisi gigi palsu terutama dibagian gusinya, biasanya jika kurang pas dan menggesek bagian gusi akan terasa sakit dan kadang akan berdarah. Namun jika sudah pas tapi tetap saja mersakan sakit sariawan. Sebaiknya anda kembali ke dokter gigi dan memeriksakan apa penyebabnya. Jika ditiliki dari segi kesehatan memang ada sebagian orang yang mengeluh dengan sariawan saat pertama kali memakai gigi palsu di mulutnya. tapi setelah beberapa lama akan sembuh dengan sendirinya. Jadi bisa dibilang masa penyesuaian.

Kenapa gigi palsu tidak nyaman ?
Jawabannya adalah tentu kurang nyaman ketika itu belum pas dan keadaan mulut anda belum menyesuaikan dengan kontur gigi tiruan tersebut. rasanya akan aneh dan kadang bisa juga sakit. Namun jika anda rajin menggunakan semakin lama akan nyaman. Namun jangan bandingkan dengan gigi aslu karena tidak akan bisa menyamai kenyamanan dengan gigi asli tentunya.

Gigi tiruan penuh, full denture sering lepas dan kurang cekat, bagaimana car amengatasinya?
Di pasaran sudah banyak tersedia sejenis pasta untuk lem gigi tiruan, jadi jika anda memang menggunakan versi gigi tiruan penuh mungkin atas bawah sudah memakai gigi tiruan sehingga tidak ada pegangan lagi maka sudah seharusnya anda menggunakan lem gigi. di pasaran namanya Polide*t

Berapa lama gigi tiruan akan nyaman di dalam mulut?
Dari beberapa pasian yang memasang gigi palsu ada yang 2 minggu sudah enak, seminggu juga ada namun ada juga yang sudah sebulan tidak nyaman. Jangan sampai anda lama tidak menggunakan gigi tiruan yang sudah anda buat karena bisa jadi jika lama tidak dipakai maka tidak akan pas lagi karena posisi gigi selalu mengalami pergerakan.

Nahh sekarang anda sudag tau sedikit tentang merawat gigi palsu, jadi jangan anda biarkan begitu saja jika memang gigi palsu yang sudah anda cetakkan di dokter gigi itu kurang nyaman, segera konsultasikan ke dokternya dan biarkan mereka menjelaskan dan memberikan solusi yang baik untuk kesehatan anda ke depannya.