Apa Yang Harus Aku Lakukan Dengan Caries Gigi Susu Anakku?

Sabtu, 25 Agustus 2012

Cerita tentang sakit gigi susu / caries gigi anak yang terjadi saat malam dan siang. bagaimana pertolongan pertama pada sakit gigi anak
Andi tampaknya sudah tak mau makan dan tersenyum lagi, semenjak caries gigi pada gigi susunya membuat dia enggan untuk tersenyum lagi seperti biasanya. Ibunya malah marah-marah dan memberikan kata kasar kepada anaknya dan menyalahkan anak karena tidak mau menggosok gigi dengan rajin dan teratur.
Cerita di atas mungkin kita pernah mengalami nya saat kecil, ketika caries gigi menjadi teman yang sangat menyusahkan pada saat kita masih kecil. Indonesia merupakan salah satu negara yang masih memiliki angka caries gigi susu dan dewasa yang masih tinggi. Penyebabnya tentu karena kesadaran dan tingkat pengetahuan terhadap kebersihan gigi dan mulut yang kurang.

Sebenarnya apa itu caries gigi?
Caries gigi sebenarnya adalah kondisi dimana terjadi kerusakan pada jaringan keras gigi, kemudian samakin berkembang hingga jaringan syaraf yang ada di ruang pulpa gigi. Bagian yang merupakan tulang terkeras dari bagian tubuh kita masih bisa rusak dengan asam dari metabolisme bakteri, ketika kita menjelaskan kepada anak sebaiknya kita menggunakan pendekatan yang mudah, kenapa gigi kita bisa rusak. Penjelasan yang salah mengenai caries gigi / gigi berlubang terhadap anak akan selalu tertanam hingga ia dewasa, sebagai contoh mudah gunakan perumpamaan yang mudah seperti, ibaratnya tulang adalah kulit telur, dan cuka adalah asam dari bakteri, praktekkan cangkang telur tadi dan rendam dalam air cuka. biarkan semalam dan paginya cangkang telur tadi akan menjadi sangat rapuh dan rusak. Begitu juga dengan tulang di gigi kita, jika dibiarkan larutan asam tersebut diam berlama di dalam gigi maka yang terjadi adalah gigi kita menjadi rusak layaknya cangkang telur yang direndam di cairan asam cuka tadi. Memberikan contoh pada anak dengan perumpamaan dan praktek akan lebih merangsang otaknya daripada anda hanya memarahi dan memberitahu saja. Kecenderungan anak akan mudah lupa dengan hal yang kurang berkesan.

Bagaimana cara mencegah caries gigi pada anak?
Jangan bilang gampang, jangan pula bilang gampang ketika kita dihadapkan pada perawatan gigi anak, cara yang paling mudah dan utama adalah membiasakan anak untuk dibersihkan giginya saat mulai tumbuh gigi susunya, ingat jangan menunggu dia sadar dan tau untuk bisa menggosok gigi sendiri. Andalah yang harus melakukannya sejak awal. Kebanyakan anak usia 4 tahun sudah rusak, ini juga tidak lepas dari salah ibu, selain karena kurangnya kontrol terhadap makanan yang manis dan melekat, bisa jadi juga ibu kurang rajin untuk membersihkan gigi dengan lap bersih ketika gigi mulai tumbuh.

Apa yang harus ibu lakukan ketika gigi susu anak sakit dan bengkak?
Pertolongan pada gigi anak yang mengalami sakit gigi, gigi bengkak adalah berikan paracetamol syrup 1 cendok saja namun anda juga harus pandai baca aturan pakainya. Ini bisa anda lakukan jika anda menyediakan obat darurat di rumah. Obat seperti paracetamol syrup wajib ada di rumah anda untuk pertolongan pertama pada panas dan sakit gigi pada anak. Namun jika anda tidak sempat membeli dan anak sakit pada malam hari anda bisa memberikan air garam anak dan kumurkan pada anak. Garam bisa mengurangi rasa sakit beberapa saat dan setelah pagi jangan lupa kontrol ke dokter gigi seperti puskesmas dan rumah sakit.
cegah sakit gigi anak, caries gigi susu anak kecil


Nah sedikit pengetahuan untuk ibu, apa yang harus dilakukan ketika caries gigi menyerang anak, sampai gigi anak menjadi sakit dan akhirnya bengkak. Ibu harus tau bagaimana pertolongan pertama dan bagaimana perawatannya.