Blackberry EDGE vs Blackberry 3G, Mana Lebih Awet Baterenya?

Rabu, 29 Agustus 2012

Sharing pengalaman menggunakan BB edge dan BB 3g dengan kualitas lama penggunaan baterenya.
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau batere merupakan salah satu problem yang belum terselesaikan dari smart phone BB. Ketika kita mengaktifkan BB dengan sinyal 3G kurang bagus akan membuat daya tahan batere menjadi lebih cepat habis. Jika kita membandingkannya kerja cepat transfer data dengan sinyal 3G memakan batere yang lebih cepat juga. Kadang timbul pula panas di ponsel.


Nah jika kita membandingkan ketika BB edge dan 3G dibandingkan maka dengan daya Li-Ion yang sama maka keawetan dari batere jenis BB yang menggunakan siinyal edge saja lebih irit. Apalagi kita tinggal di dindonesia yang notabene tidak menyediakan sinyal 3G di semua tempat. Sering berpindahnya jalur dari frekuensi edge-gprs ke jaringan HSPA / 3g inilah ternyata yang mambuat daya tahan batere menjadi boros salah satunya. Namun aktifitas pengguna juga sangat memperngaruhi kinerja batere.
Untuk perjalanan jauh jika anda memiliki BB yang dapat disetting untuk pemilihan sinyal maka pilihlah sinyal edge untuk memperirit batere karena BB tidak akan selalu mencari sinyal 3G di tempat yang sebenarnya tidak terjangkau sinyal tersebut.
Sudah jelas sekarang, batere merupakan nyawa dari ponsel sepintar apapun. Jadi bijaklah dalam pemakaian dan gunakanlah secukupnya.