Arti penting penjaringan kesehatan bagi murid baru SD, SMP dan SMA

Rabu, 29 Agustus 2012

Fungsi utama dari penjaringan kesehatan bagi siswa baru sd, smp dan sma. pengertian penjaringan kesehatan anak sekolah.
Kalau dekat penerimaan murid baru seperti ini biasanya murid baru seteah diterima disekolah bukan hanya disbukkan dengan ajaran baru, tapi juga penjaringan kesehatan yang dilakukan oleh puskesmas terdekat di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kota setempat. Walaupun tidak semua program ini dilakukan di semua kabupaten kota, namun sebenarnya penjaringan kesehatan sekolah ini memiliki banyak sekali arti penting. Salah satunya adalah mendeteksi sedini meungkin kelainan kesenatan yang terjadi pada murid atau siswa baru.

Apa saja yang diperiksa saat penjaringan kesehatan murid baru?
pemeriksaan penjaringan meliputi kesehatan fisik umum, seperti kesehatan mata, kebersihan telinga, kebersihan badan. keadaan umum. Kesehatan psikologis yang di cek dengan kuesioner, kesehatan reproduksi dan juga kesehatan gigi. Inti dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi masalh sedini meungkin yang nantinya bisa mengganggu aktifitas belajar siswa.

Siapa saja yang dilakukan penjaringan atau sasarannya?
sasaran dari penjaringan kesehatan adalah murid baru kelas 1 untuk tingkat SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Jadi setiap jenjang masuk sekolah baru mereka akan diperiksa terutama saat masuk kelas 1, 7 dan 10.

Apa saja kelainan yang sering ditemui ketika penjaringan kesehatan siswa?
Penjaringan kesehatan yang dilakukan kebanyakan menemukan masalah pada gangguan penglihatan, seperti mata minus, plus dan ada juga gejala lain seperti katarak yang ditemukan. Selain mata banyak juga ditemukan kebersihan diri yang kurang seperti serumen telinga atau kotoran telinga yang banyak. Jadi perlu upaya rujukan ke puskesmas untuk membersihkan karena mungkin sudah keras.
Selain kesehatan umum badan banyak juga ditemui masalah gigi, karena kurangnya kebersihan banyak gigi bolong, masih ada gigi kesundulan yang belum lepas sehingga dibutuhkan upaya lanjutan berupa rujukan ke sekolah.
pemeriksaan gigi menjadi salah satu program penjaringan kesehatan

Penjaringan merupakan kerjasama lintas sektor yaitu sektor kesehatan dan pendidikan, sehingga semua salaing bekerjasama baik guru, petugas kesehatan maupun orang tua murid dan murid sendiri. Agar lebih baik pemeriksaanya dibutuhkan data yang akurat apalagi menyangkut pengisian kuesioner yang diberikan kepada orang tua. Jadi bagi yang merasa memiliki anak yang masih di kelas 1 murid baru maka anda bisa menanyakan bagaimana hasil dari pemeriksaan kesehatannya.