Posisi Menyusui Pada Ibu Yang Melahirkan Sesar

Senin, 30 Juli 2012

Bagaimana cara menyusui yang benar pada ibu menyusui dengan persalinan sesar atau bedah. Perbedaan cara menyusui pada persalinan normal dan persalinan dengan sesar?
Memang tidak semua persalinan akan bisa berjalan dengan normal, ada kalanya karena beberapa sebab dokter memertimbangkan untuk melakukan kelahiran dengan bedah atau disebut dengan sesar. Apa saja penyebab ibu di lakukan sesar adalah karena panggul sempit, plasenta previa, dll. Masalah persalinan seperti ini kadang akan menimbulkan masalah saat menyusui jika kita tidak mengetahui bagaimana cara menyusui yang benar pada keadaan seperti ini.
gambar cara ibu menyusui benar pada persalinan bukan normal / sesar

Ibu yang mengalami bedah sesar dengan pembiusan umumnya tidak mungkin segera dapat menyusui bayinya, karena tentu ibu belum sadar. Jika keadaan ibu mulai membaik maka langkah menyusui bisa dilakukan dengan bantuan perawat atau bidan. Selain ibu bayipun kadang mengalami hal yang serupa karena pembiusan juga berefek pada bayi, apabila ibu dan anak sudah membaik maka rawat gabung bisa segera dilakukan.
Nahh untuk posisi yang benar ketika ibu menyusui pada persalinan sesar adalah :
  1. Ibu dapat berada di posisi berbaring miring dengan bahu dan kepala yang ditopang bantal, sementara bayi disusukan dengan kakinya ke arah ibu
  2. Apabila ibu sudah dapat duduk maka bayi ditidurkan di bantal di atas pangkuan ibu dengan posisi kaki bayi mengarah ke belakang ibu di bawah lengan ibu.
  3. Dengan posisi memegang bola (football position) yaitu ibu terlentang dan bayi berada di ketiak ibu dengan kaki ke arah atas dan tangan ibu memegang kepala bayi.

Nah bagi anda yang belum tau cara menyusui setelah atau pasca persalinan sesar maka sekarang anda sudah ada bayangan. karena tentu akan berbeda dengan cara menyusui pada persalinan normal, nanti akan dibantu dokter dan perwat yang membantu persalinan anda untuk cara benarnya.