Cara Mengatur Menu Yang Baik Dan Tepat Selama Bulan Puasa

Minggu, 29 Juli 2012

Tips tepat pengaturan menu di bulan puasa. Makanan sehat apa yang paling bagus disajikan untuk menu sahur dan buka puasa.
Ibadah puasa memang ibadah wajib bagi umat muslim. Namun bukan berarti kita bisa makan dan minum apa saja ketika habis berbuka sampai dengan sahur. Tentu ada hal yang harus juga diatur sehingga tubuh tidak akan terbebani dan juga akan menjadikan puasa sebagai puasa sehat tentunya. Oleh karenanya kami disini akan berbagi bagaiamana cara mengatur menu makanan sehat ketika bulan puasa.
Cara pengaturan menu yang benar ketika bulan puasa adalah :
1. Waspadai makanan dengan kadar gula tinggi, sata berbuka maupun sahur. Banyak orang memiih mengkonsumsi kue karena dianggap mampu memberikan energi untuk tubuh dengan cepat. tapi yang perlu diwaspadai adalah kue adalah makanan yang rendah serat dan juga kaya gula namun juga kaya akan lemak trans. Sehingga bisa saja akan memberatkan sistem pencernaan kita juga.
2. Saat sagur sebaiknya memilih kadar gula yang rendah, kenapa? agar menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama, selain itu kadar gula juga tidka akan cepat turun sehingga tubuh tidak akan gampang lemas, dan makanan yang berkadar gula rendah adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompeks seperti nasi merah, makanan berprotein dan lemak.
3. 10 Menti menjelag imsak makanlah makanan manis yang bukan berasal dari gula buatan seperti buah misalnya.
4. Saat berbuka mulailah dengan makanan yang manis namun tetap aman bagi tubuh. sebaiknya manis adalah berasal dari buah, seperti apel, kurma, dll.
Nah sedikit tips untuk anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga selain ibadah akan menjadikan tubuh kita juga menjadi lebih sehat dan kuat tentunya. Selamat mencoba tips sehat bulan puasa berikut.