Bagaiamana Pemberian Fluor Pada Anak yang Benar dan Tanda Kekurangan dan Kelebihan Fluor.

Senin, 01 Oktober 2012

Tanda-tanda gigi anak kekurangan fluor, cara memberikan makanan yang banyak mengandung fluor dan obat untuk kekurangan fluor gigi.
Memberikan fluor pada anak dengan benar, akibat dari kelebihan dan kekurangan fluor pada gigi anak adalah berakibat pada pewarnaan pada permukaan gigi itu sendiri. 
Tubuh manusia memang tida bisa dibohongi dengan asupan vitamin ekstra, fluor misalnya, bukan berarti fluor akan bagus jika kita banyak mengkonsumsinya, justru jika kelebihan juga kurang bagus. Begitu juga saat kekurangan. Jadi harus pas. Untuk pemberian fluor secara buatan istilah mudahnya bisa dilakukan dengan jalan topikal aplikasi, yaitu pengolesan larutan fluor pada gigi permanen yang biasanya dilakukan pada gigi geraham pertama tumbuh pada anak usia SD. Namun cara ini hanyalah pencegahan. 

Pemberian fluor pada anak bisa dilakukan melalui asupan makanan, dengan makan makanan mengandung fluor seperti ikan laut, sayuran dll. Cara kedua adalah dengan jalan langsung ke giginya, bisa dengan kandungan fluor di pasta gigi, atau kadar fluor yang kadang sudah tersedia pada air PDAM. Intinya adalah masalah kekurangan fluor biasanya berakibat pada gigi yang kurang kuat dan mudah rapuh, mudah berlubang. Sedangkan pada kelebihan fluor adalah terjadi bercak putih pada gigi. Segera bawa ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut jika anak mengalami tanda-tanda seperti di atas. Sedikit ulasan tentang kegunaan fluor dan beberapa makanan yang banyak mengandung fluor untuk anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 
 
Diberdayakan oleh Blogger.